Lapangbola — Football is Lifestyle.
Design
02 Aug 2019

Who Will Be the First Champion of Liga Lapangbola 2019?

Joshua Lapinsky profile image
Admin

Liga Lapangbola season pertama akan memasuki babak akhir. Hanya tersisa dua tim yang berpeluang mendapatkan mahkota juara. Tim tersebut adalah Subur FC dan LS Galaxy. Bagaimana kiprah kedua tim tersebut di liga Lapangbola season pertama kali ini? Mari kita bahas!

 

Subur FC

 

Subur FC adalah salah satu tim yang sudah lama beroperasi di Kota Kembang. Tim ini berdiri sejak tahun 1979 dan bermarkas di Stadion Siliwangi. Saat ini Subur FC ditanganiChandra Aming.

 

Sebelum mengikuti liga Lapangbola, di tahun 2018 mereka pernah mengikuti trofeo tiga tim dengan Surya Abadi Jakarta dan Surabaya FC (Source: Official Instagram Subur FC @subufcbandung). Hasilnya memuaskan, mereka menjadi juara dengan mencatatkan dua kali kemenangan, satu seri, dan satu kekalahan.

 

Trofeo tersebut menjadi bekal kepercayaan diri mereka dalam mengarungi liga Lapangbola season pertama. Pertandingan pertama ternyata merupakan lawan terkuat mereka di liga Lapangbola kali ini, yaitu LS Galaxy. Meski diuntungkan dengan bermain di kandang, tetapi Subur FC harus rela berbagi poin dengan LS Galaxy karena pertandingan berakhir seri dengan skor 2-2.

 

Kiprah selanjutnya, Subur FC menjalankan pertandingannya dengan mayoritas kemenangan, terutama saat di kandang. Bahkan mereka belum pernah kalah sekalipun di putaran pertama. Berikut hasil pertandingan Subur FC selama menjadi tuan rumah.

 

Tercatat mereka benar-benar sangat tangguh saat bermain di kandang. Dari tujuh laga yang dilakoninya, mereka tidak pernah kalah, dan tercatat hanya sekali gagal meraup kemenangan, yaitu saat mereka mendapatkan hasil seri saat bertanding dengan LS Galaxy.

 

Hanya empat kali kebobolan dan rata-rata 4,86 gol per pertandingan di kandang. Tim tamu yang datang, kemungkinan besar akan mendapatkan mimpi buruk dari Subur FC. Lain saat bertandang, Subur FC sedikit mengalami penurunan dibanding saat bermain di kandang. Berikut hasil pertandingan Subur FC selama bertandang.

 

 

(Source: http://lapangbola.com/tournaments/42)

 

Perbedaan saat bermain ditandang, mereka pernah mengalami kekalahan satu kali., yaitu saat mereka bertandang ke markas LS Galaxy. Mereka dikalahkan oleh LS Galaxy dengan skor 4-3. Tim tersebut menjadi satu-satunya tim yang bisa mengalahkan Subur FC di liga Lapangbola kali ini.

 

Key Player

 

 

Perjalanan mereka tentu saja dibantu oleh seluruh perangkat tim, seperti pemain, pengurus, official, dan perangkat lainnya. Tetapi, ada beberapa pemain yang menjadi kunci permainan (key player). Berikut ini adalah beberapa pemain Subur FC yang bersinar paling terang menurut penulis pada liga Lapangbola kali ini.

 

Stefanus Ervin (Forward)

 

Salah satu motor serangan di bagian sayap Subur FC ini selalu menjadi momok menakutkan bagi para pemain pada lini belakang lawan. Di usianya yang masih sangat muda (20 tahun), kecepatannya menjadi aset berharga bagi dirinya. Terbukti dengan torehan 86 dribble success, di bawah Reynaldi Zhafran dari Ugal FC yang menorehkan 102 dribble success.

 

Tidak hanya piawai dalam mengelabui lawan dan kecepatannya. Ia juga banyak berkontribusi lewat umpan manja kepada penyerang yang membuat dirinya menjadi peringkat dua dalam jajaran top assist. Ia mengoleksi 13 assists, hanya terpaut 2 assist dari Bachtiar dari LS Galaxy yang mengoleksi 15 assists. Meski jumlah golnya tidak sebanyak assist-nya, tapi ia terbukti rajin membuat kiper berdebar-debar.

 

Ia menjadi pemain dengan shot on target terbanyak dari Subur FC. 6 di antaranya terkonversi menjadi gol. Ia juga pernah menjadi player of the week. Tepatnya, pada gameweek 15, serta goal of the week di gameweek 13. Dengan stats menyerang yang luar biasa ini, para pemain bertahan lawan selalu dituntut waspada jika berhadapan dengan Subur FC.

 

Ahmad Fajar Siddiq (Forward)

 

Pemain yang paling produktif dalam mencetak gol di Subur FC dengan 9 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak nomor urut 5 di liga Lapangbola. Pemain kelahiran tahun 1994 ini, selain menjadi predator haus gol juga mencetak 5 assist pada liga Lapangbola musim ini. Ia berada di nomor urut 4 dalam hal banyaknya assist yang ditorehkan. Kombinasinya dengan Hansen dan Stefanus Ervin membuat mereka menjadi trisula maut dalam lini serang Subur FC

 

Hansen (Forward)

 

Striker jangkung yang sudah mengoleksi 8 gol di liga Lapangbola ini menjadi aerial threat bagi siapa saja yang ingin berduel udara dengannya. Dengan umpan-umpan manja yang berasal dari sayap seperti Stefanus Ervin dan Ahmad Fajar SiddiqStriker yang memiliki tandukan maut dan tinggi badan yang luar biasa ini menjadi ancaman serius bagi pertahanan yang kurang terlatih dalam duel udara.

 

Indra S. Ganiarto (Defender)

 

Bek sayap peringkat nomor urut 3 top intercept liga lapangbola dengan gaya mainnya yang super ngotot dan agresif ini mengingatkan kita pada Marcelo di Real Madrid, dimana ia tidak melulu tentang bertahan, tapi juga ikut andil dalam mencetak gol. Pemain bertahan ini, selain pernah menjadi player of the week di gameweek 17, bahkan pernah mencetak gol spektakuler kala melawan JCICB serta salah satu golnya menjadi goal of the week di gameweek 11.

 

 

LS Galaxy

 

Salah satu kandidat juara liga Lapangbola, selain Subur FC adalah LS Galaxy. Tim yang baru berdiri pada tahun 2016 dan bermarkas di lapangan Progresif ini, ditangani oleh Sobari dan Hendar Rubedo.

 

Tim yang sering mengadakan fun football ini beberapa kali melakukan sparing sebelum liga Lapangbola dimulai, misalnya seperti saat melawan Gabban FC pada tanggal 21 Januari 2018 silam (Source: Official Instagram LS Galaxy @lsgalaxy).

 

Laga pertama LS Galaxy terbilang tersandung batu. Sempat unggul 3-0, Ugal FC berhasil memaksa mereka pulang dengan 1 poin saja karena hasil akhirnya adalah seri 4-4. Bahkan di gameweek kedua, mereka berhadapan dengan rival juara mereka kali ini, yaitu Subur FC dan lagi-lagi menuai hasil imbang.

 

Akhirnya LS Galaxy berhasil menang di gameweek 3 kala menjamu Gasmin Reborn FC dengan skor cukup meyakinkan, yaitu 5-2. Sempat mengalami winning streak, akhirnya Galados ITB menyetop rekor kemenangan LS Galaxy di gameweek 6. Rentetan kekalahan datang lagi, dan kali ini mereka harus kalah saat bertandang ke markas JCICB.

 

Siapa sangka kalau kekalahan kedua itu menjadi kekalahan terakhir mereka. Sesudah dua kali mengalami kekalahan beruntun, justru mereka menghajar satu-satunya tim yang belum pernah kalah, yaitu Subur FC dengan skor 4-3. Bahkan semenjak kemenangan tersebut, LS Galaxy selalu menang. Benar-benar sebuah konsistensi yang luar biasa.

 

LS Galaxy cukup garang di kandang. Mereka hanya pernah sekali kalah saat menjadi tuan rumah, yaitu saat Galados ITB bertandang ke kandang mereka di gameweek 6. Saat itu Galados ITB menang dengan skor tipis 4-3 atas LS Galaxy. Meski dengan hasil positif saat menjamu tamu, mereka lebih sedikit kebobolan saat bertandang ke markas lawan. Berikut ini adalah statistiknya:

 

(Source: http://lapangbola.com/tournaments/42)

 

 

(Source: http://lapangbola.com/tournaments/42)

 

Key Player

 

Tim ini adalah tim ultra-offensiveLS Galaxy adalah tim yang berhasil mencetak gol paling banyak di antara semua tim di liga Lapangbola dengan total 63 gol. Tidak hanya itu, pemain-pemain dari LS Galaxy-pun selalu mendominasi di stats bagian offense seperti top scorertop assist, dan hal-hal terkait lainnya. 

 

 

Top scorer liga Lapangbola ini menjadi mesin gol LS GalaxyStriker haus gol ini mengoleksi 21 gol (1/3 dari gol total milik LS Galaxy) dan tanpa satupun berasal dari titik putih. Hal itu menunjukkan ketajaman dan insting sang striker. Ia punya strength dan kecepatan yang sangat baik. Tendangan kaki kanannya pun sangat kencang. Performa yang konsisten membuatnya masuk dalam team of the week (gameweek 17) dan juga menyabet penghargaan goal of the week pada gameweek 14, serta player of the week pada gameweek 13.

 

Selain stats luar biasanya, ia hampir tidak pernah absen dalam membela LS Galaxy. Dengan jumlah shot on target terbanyak di liga Lapangbola, yaitu sebanyak 21 kali dengan 41% nya terkonversi menjadi gol. Baik kiper maupun bek lawan sebaiknya tidak boleh lengah saat pemain ini hadir di lapangan.

 

Bachtiar Indra Agustian (Midfielder)

 

Top assist liga Lapangbola ini menjadi motor serangan bagi LS Galaxy. Selain permainannya yang cukup tenang dan visinya yang sangat cemerlang, ia juga ikut andil dalam bertahan.

 

Ia memiliki stats tackle nomor urut 3 terbanyak di liga Lapangbola dengan jumlah 31 dan stats intercept nomor urut 4 terbanyak di liga Lapangbola dengan 79 intercept. Pemain lawan yang menghadapinya harus berpikir ekstra keras, karena harus menangani tipe pemain yang multifungsi.

 

M. Fauzan (Midfielder)

 

Bersama Agus Surya, merajai pencetak gol dan shot on target di liga Lapangbola. Mentalnya yang sangat kuat membuatnya dipercaya sebagai eksekutor di titik 12 pas bagi LS Galaxy. Terhitung sudah 5 gol ia ciptakan dari titik putih. Selain 16 gol lainnya yang ia ciptakan, ia juga mencetak 6 assistsFree kick-nya patut harus diwaspadai oleh tim lawan.

 

Iman Zulfikar Wibawa (Goal Keeper)

 

LS Galaxy adalah tim ultra-offensive, tapi kiper mereka juga termasuk yang terbaik. Meski hanya mencatatkan 11 kali penampilan, ia berhasil mencatatkan 56 saves. Jumlah tersebut membuatnya menjadi peringkat ketiga dalam top saves. Apakah di laga akhir LS Galaxy pekan depan kiper hebat ini akan tampil? Mari kita tunggu saja ya guys!

 

Analisis Singkat dan Kesimpulan

 

Kedua tim memiliki hal menonjol di bidangnya masing-masing. Subur FC lebih baik dalam hal defensive (jumlah kebobolan), sementara itu LS Galaxy lebih baik dalam hal offensive(produktivitas gol).

 

Dalam laga penentuan pekan depan, Subur FC akan kembali melawan Dinamo Zebred, sementara itu LS Galaxy akan berhadapan dengan Ugal FC. Status tuan rumah bagi Subur FCdan kemenangan atas Dinamo Zebred dengan skor 3-1 pada putaran pertama, akan menjadi advantage bagi Subur FC.

 

Ditambah lagi secara minimal, mereka hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara liga Lapangbola pada musim ini. Untuk LS Galaxy, mereka akan mendapatkan tekanan lebih berat karena melakoni laga tandang, dan lawannya Ugal FC yang berhasil menahan imbang mereka di putaran pertama, meski sekarang LS Galaxy sedang dalam winning streak.

 

KesimpulannyaSubur FC lebih diunggulkan untuk menjadi juara liga Lapangbola karena memiliki advantages yang lebih banyak ketimbang LS Galaxy. Namun demikian harus kita ingat, bola itu bundar! Jadi tidak ada yang pasti sampai pluit akhir pertandingan, karena bisa saja Subur FC terpeleset di laga terakhirnya dan LS Galaxy berhasil menang. 

So, pastinya ini akan menjadi momen langka guys! Mari kita saksikan sejarah baru dan siapakah yang lebih pantas memboyong trophy serta gelar juara liga Lapangbola untuk pertamakalinya pada gameweek terakhir ini! (Author: Faris Yudza Ghifari) 

 

 

SOCCERPEDIA.id - all things about soccer

(kanal berita kekinian dengan sudut pandang jaman now)

Share this article:

Comments

  • Daniel Smith
    Daniel Smith
    14 minutes ago

    Dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Phasellus feugiat elit vitae enim lacinia semper. Cras nulla lectus, porttitor vitae urna iaculis, Melisandre tincidunt lectus. Brienne nec tellus sit amet massa auctor imperdiet imp vitae diam.

    Reply
    • Richard Kingston
      Robert Kingston
      2 minutes ago

      Elit vitae enim lacinia semper. Cras nulla lectus, porttitor vitae urna iaculis, Melisandre tincidunt lectus. Brienne nec tellus sit amet massa auctor imperdiet imp vitae diam.

      Reply
      • Helena R
        Helena R
        Just now

        Praesent urna velit, auctor nec turpis et, vehicula lobortis sem. Vivamus convallis mi sagittis eleifend laoreet. Praesent vitae venenatis enim. Nulla tincidunt Varys et lectus rhoncus laoreet.

        Reply
  • Abigail T
    Abigail T
    3 hours ago

    Vivamus convallis mi sagittis eleifend laoreet. Praesent vitae venenatis enim. Nulla tincidunt Varys et lectus rhoncus laoreet. Aenean Gendry est nec diam suscipit iaculis.

    Reply

Leave a reply

Artikel lain

Hat-trick 3 Pemain di Laga Perdana Liga Lapangbola Season 2

Hat-trick 3 Pemain di Laga Perdana Liga Lapangbola Season 2

Read Story

Liga Lapangbola (GW 2) : Posisi Galados ITB Masih Terlalu Kokoh untuk Digeser

Posisi Galados ITB di klasemen Liga Lapangbola semakin kokoh setelah menumbangkan JCICB dengan skor sangat meyakinkan 1-5

Read Story

Lapangbola Menjadi Satu-Satunya Start-Up di Indonesia yang Masuk Finalis World Football Summit

Lapangbola Menjadi Satu-Satunya Start-Up di Indonesia yang Masuk Finalis World Football Summit

Read Story

Liga Lapangbola : Unggul Tipis, Erga Omnes Berhasil Mengkudeta Posisi Puncak Galados ITB

Liga Lapangbola : Unggul Tipis, Erga Omnes Berhasil Mengkudeta Posisi Puncak Galados ITB

Read Story

Lapangbola Menjadi Salah Satu Peserta Indigo Telkom Batch 1

Lapangbola Menjadi Salah Satu Peserta Indigo Telkom Batch 1

Read Story

Game Week (GW) 5 Liga Lapangbola Season 2: Erga Omnes Masih Unstoppable!

Game Week (GW) 5 Liga Lapangbola Season 2: Erga Omnes Masih Unstoppable!

Read Story

Ali Bagus, Pencetak Rekor Quat-trick Liga Lapangbola Season 2

Ali Bagus, Pencetak Rekor Quat-trick Liga Lapangbola Season 2

Read Story

Stay right up to date

Get great content to your inbox every week. No spam.
Only great content, we don’t share your email with third parties.
Icon