Lapangbola — Football is Lifestyle.
Article
02 Aug 2019

Who Will Be the First Champion of Liga Lapangbola 2019?

Liga Lapangbola season pertama akan memasuki babak akhir. Hanya tersisa dua tim yang berpeluang mendapatkan mahkota juara. Tim tersebut adalah Subur FC dan LS Galaxy. Bagaimana kiprah kedua tim tersebut di liga Lapangbola season pertama kali ini? Mari kita bahas!

 

Subur FC

 

Subur FC adalah salah satu tim yang sudah lama beroperasi di Kota Kembang. Tim ini berdiri sejak tahun 1979 dan bermarkas di Stadion Siliwangi. Saat ini Subur FC ditanganiChandra Aming.

 

Sebelum mengikuti liga Lapangbola, di tahun 2018 mereka pernah mengikuti trofeo tiga tim dengan Surya Abadi Jakarta dan Surabaya FC (Source: Official Instagram Subur FC @subufcbandung). Hasilnya memuaskan, mereka menjadi juara dengan mencatatkan dua kali kemenangan, satu seri, dan satu kekalahan.

 

Trofeo tersebut menjadi bekal kepercayaan diri mereka dalam mengarungi liga Lapangbola season pertama. Pertandingan pertama ternyata merupakan lawan terkuat mereka di liga Lapangbola kali ini, yaitu LS Galaxy. Meski diuntungkan dengan bermain di kandang, tetapi Subur FC harus rela berbagi poin dengan LS Galaxy karena pertandingan berakhir seri dengan skor 2-2.

 

Kiprah selanjutnya, Subur FC menjalankan pertandingannya dengan mayoritas kemenangan, terutama saat di kandang. Bahkan mereka belum pernah kalah sekalipun di putaran pertama. Berikut hasil pertandingan Subur FC selama menjadi tuan rumah.

 

Tercatat mereka benar-benar sangat tangguh saat bermain di kandang. Dari tujuh laga yang dilakoninya, mereka tidak pernah kalah, dan tercatat hanya sekali gagal meraup kemenangan, yaitu saat mereka mendapatkan hasil seri saat bertanding dengan LS Galaxy.

 

Hanya empat kali kebobolan dan rata-rata 4,86 gol per pertandingan di kandang. Tim tamu yang datang, kemungkinan besar akan mendapatkan mimpi buruk dari Subur FC. Lain saat bertandang, Subur FC sedikit mengalami penurunan dibanding saat bermain di kandang. Berikut hasil pertandingan Subur FC selama bertandang.

 

 

(Source: http://lapangbola.com/tournaments/42)

 

Perbedaan saat bermain ditandang, mereka pernah mengalami kekalahan satu kali., yaitu saat mereka bertandang ke markas LS Galaxy. Mereka dikalahkan oleh LS Galaxy dengan skor 4-3. Tim tersebut menjadi satu-satunya tim yang bisa mengalahkan Subur FC di liga Lapangbola kali ini.

 

Key Player

 

 

Perjalanan mereka tentu saja dibantu oleh seluruh perangkat tim, seperti pemain, pengurus, official, dan perangkat lainnya. Tetapi, ada beberapa pemain yang menjadi kunci permainan (key player). Berikut ini adalah beberapa pemain Subur FC yang bersinar paling terang menurut penulis pada liga Lapangbola kali ini.

 

Stefanus Ervin (Forward)

 

Salah satu motor serangan di bagian sayap Subur FC ini selalu menjadi momok menakutkan bagi para pemain pada lini belakang lawan. Di usianya yang masih sangat muda (20 tahun), kecepatannya menjadi aset berharga bagi dirinya. Terbukti dengan torehan 86 dribble success, di bawah Reynaldi Zhafran dari Ugal FC yang menorehkan 102 dribble success.

 

Tidak hanya piawai dalam mengelabui lawan dan kecepatannya. Ia juga banyak berkontribusi lewat umpan manja kepada penyerang yang membuat dirinya menjadi peringkat dua dalam jajaran top assist. Ia mengoleksi 13 assists, hanya terpaut 2 assist dari Bachtiar dari LS Galaxy yang mengoleksi 15 assists. Meski jumlah golnya tidak sebanyak assist-nya, tapi ia terbukti rajin membuat kiper berdebar-debar.

 

Ia menjadi pemain dengan shot on target terbanyak dari Subur FC. 6 di antaranya terkonversi menjadi gol. Ia juga pernah menjadi player of the week. Tepatnya, pada gameweek 15, serta goal of the week di gameweek 13. Dengan stats menyerang yang luar biasa ini, para pemain bertahan lawan selalu dituntut waspada jika berhadapan dengan Subur FC.

 

Ahmad Fajar Siddiq (Forward)

 

Pemain yang paling produktif dalam mencetak gol di Subur FC dengan 9 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak nomor urut 5 di liga Lapangbola. Pemain kelahiran tahun 1994 ini, selain menjadi predator haus gol juga mencetak 5 assist pada liga Lapangbola musim ini. Ia berada di nomor urut 4 dalam hal banyaknya assist yang ditorehkan. Kombinasinya dengan Hansen dan Stefanus Ervin membuat mereka menjadi trisula maut dalam lini serang Subur FC

 

Hansen (Forward)

 

Striker jangkung yang sudah mengoleksi 8 gol di liga Lapangbola ini menjadi aerial threat bagi siapa saja yang ingin berduel udara dengannya. Dengan umpan-umpan manja yang berasal dari sayap seperti Stefanus Ervin dan Ahmad Fajar SiddiqStriker yang memiliki tandukan maut dan tinggi badan yang luar biasa ini menjadi ancaman serius bagi pertahanan yang kurang terlatih dalam duel udara.

 

Indra S. Ganiarto (Defender)

 

Bek sayap peringkat nomor urut 3 top intercept liga lapangbola dengan gaya mainnya yang super ngotot dan agresif ini mengingatkan kita pada Marcelo di Real Madrid, dimana ia tidak melulu tentang bertahan, tapi juga ikut andil dalam mencetak gol. Pemain bertahan ini, selain pernah menjadi player of the week di gameweek 17, bahkan pernah mencetak gol spektakuler kala melawan JCICB serta salah satu golnya menjadi goal of the week di gameweek 11.

 

 

LS Galaxy

 

Salah satu kandidat juara liga Lapangbola, selain Subur FC adalah LS Galaxy. Tim yang baru berdiri pada tahun 2016 dan bermarkas di lapangan Progresif ini, ditangani oleh Sobari dan Hendar Rubedo.

 

Tim yang sering mengadakan fun football ini beberapa kali melakukan sparing sebelum liga Lapangbola dimulai, misalnya seperti saat melawan Gabban FC pada tanggal 21 Januari 2018 silam (Source: Official Instagram LS Galaxy @lsgalaxy).

 

Laga pertama LS Galaxy terbilang tersandung batu. Sempat unggul 3-0, Ugal FC berhasil memaksa mereka pulang dengan 1 poin saja karena hasil akhirnya adalah seri 4-4. Bahkan di gameweek kedua, mereka berhadapan dengan rival juara mereka kali ini, yaitu Subur FC dan lagi-lagi menuai hasil imbang.

 

Akhirnya LS Galaxy berhasil menang di gameweek 3 kala menjamu Gasmin Reborn FC dengan skor cukup meyakinkan, yaitu 5-2. Sempat mengalami winning streak, akhirnya Galados ITB menyetop rekor kemenangan LS Galaxy di gameweek 6. Rentetan kekalahan datang lagi, dan kali ini mereka harus kalah saat bertandang ke markas JCICB.

 

Siapa sangka kalau kekalahan kedua itu menjadi kekalahan terakhir mereka. Sesudah dua kali mengalami kekalahan beruntun, justru mereka menghajar satu-satunya tim yang belum pernah kalah, yaitu Subur FC dengan skor 4-3. Bahkan semenjak kemenangan tersebut, LS Galaxy selalu menang. Benar-benar sebuah konsistensi yang luar biasa.

 

LS Galaxy cukup garang di kandang. Mereka hanya pernah sekali kalah saat menjadi tuan rumah, yaitu saat Galados ITB bertandang ke kandang mereka di gameweek 6. Saat itu Galados ITB menang dengan skor tipis 4-3 atas LS Galaxy. Meski dengan hasil positif saat menjamu tamu, mereka lebih sedikit kebobolan saat bertandang ke markas lawan. Berikut ini adalah statistiknya:

 

(Source: http://lapangbola.com/tournaments/42)

 

 

(Source: http://lapangbola.com/tournaments/42)

 

Key Player

 

Tim ini adalah tim ultra-offensiveLS Galaxy adalah tim yang berhasil mencetak gol paling banyak di antara semua tim di liga Lapangbola dengan total 63 gol. Tidak hanya itu, pemain-pemain dari LS Galaxy-pun selalu mendominasi di stats bagian offense seperti top scorertop assist, dan hal-hal terkait lainnya. 

 

 

Top scorer liga Lapangbola ini menjadi mesin gol LS GalaxyStriker haus gol ini mengoleksi 21 gol (1/3 dari gol total milik LS Galaxy) dan tanpa satupun berasal dari titik putih. Hal itu menunjukkan ketajaman dan insting sang striker. Ia punya strength dan kecepatan yang sangat baik. Tendangan kaki kanannya pun sangat kencang. Performa yang konsisten membuatnya masuk dalam team of the week (gameweek 17) dan juga menyabet penghargaan goal of the week pada gameweek 14, serta player of the week pada gameweek 13.

 

Selain stats luar biasanya, ia hampir tidak pernah absen dalam membela LS Galaxy. Dengan jumlah shot on target terbanyak di liga Lapangbola, yaitu sebanyak 21 kali dengan 41% nya terkonversi menjadi gol. Baik kiper maupun bek lawan sebaiknya tidak boleh lengah saat pemain ini hadir di lapangan.

 

Bachtiar Indra Agustian (Midfielder)

 

Top assist liga Lapangbola ini menjadi motor serangan bagi LS Galaxy. Selain permainannya yang cukup tenang dan visinya yang sangat cemerlang, ia juga ikut andil dalam bertahan.

 

Ia memiliki stats tackle nomor urut 3 terbanyak di liga Lapangbola dengan jumlah 31 dan stats intercept nomor urut 4 terbanyak di liga Lapangbola dengan 79 intercept. Pemain lawan yang menghadapinya harus berpikir ekstra keras, karena harus menangani tipe pemain yang multifungsi.

 

M. Fauzan (Midfielder)

 

Bersama Agus Surya, merajai pencetak gol dan shot on target di liga Lapangbola. Mentalnya yang sangat kuat membuatnya dipercaya sebagai eksekutor di titik 12 pas bagi LS Galaxy. Terhitung sudah 5 gol ia ciptakan dari titik putih. Selain 16 gol lainnya yang ia ciptakan, ia juga mencetak 6 assistsFree kick-nya patut harus diwaspadai oleh tim lawan.

 

Iman Zulfikar Wibawa (Goal Keeper)

 

LS Galaxy adalah tim ultra-offensive, tapi kiper mereka juga termasuk yang terbaik. Meski hanya mencatatkan 11 kali penampilan, ia berhasil mencatatkan 56 saves. Jumlah tersebut membuatnya menjadi peringkat ketiga dalam top saves. Apakah di laga akhir LS Galaxy pekan depan kiper hebat ini akan tampil? Mari kita tunggu saja ya guys!

 

Analisis Singkat dan Kesimpulan

 

Kedua tim memiliki hal menonjol di bidangnya masing-masing. Subur FC lebih baik dalam hal defensive (jumlah kebobolan), sementara itu LS Galaxy lebih baik dalam hal offensive(produktivitas gol).

 

Dalam laga penentuan pekan depan, Subur FC akan kembali melawan Dinamo Zebred, sementara itu LS Galaxy akan berhadapan dengan Ugal FC. Status tuan rumah bagi Subur FCdan kemenangan atas Dinamo Zebred dengan skor 3-1 pada putaran pertama, akan menjadi advantage bagi Subur FC.

 

Ditambah lagi secara minimal, mereka hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara liga Lapangbola pada musim ini. Untuk LS Galaxy, mereka akan mendapatkan tekanan lebih berat karena melakoni laga tandang, dan lawannya Ugal FC yang berhasil menahan imbang mereka di putaran pertama, meski sekarang LS Galaxy sedang dalam winning streak.

 

KesimpulannyaSubur FC lebih diunggulkan untuk menjadi juara liga Lapangbola karena memiliki advantages yang lebih banyak ketimbang LS Galaxy. Namun demikian harus kita ingat, bola itu bundar! Jadi tidak ada yang pasti sampai pluit akhir pertandingan, karena bisa saja Subur FC terpeleset di laga terakhirnya dan LS Galaxy berhasil menang. 

So, pastinya ini akan menjadi momen langka guys! Mari kita saksikan sejarah baru dan siapakah yang lebih pantas memboyong trophy serta gelar juara liga Lapangbola untuk pertamakalinya pada gameweek terakhir ini! (Author: Faris Yudza Ghifari) 

 

 

SOCCERPEDIA.id - all things about soccer

(kanal berita kekinian dengan sudut pandang jaman now)

Share this article:

Comments

Leave a reply

 
 

Artikel lain

Rekap Transfer 6 Pemain Indonesia Yang Berkiprah di Eropa

Bertepatan dengan di tutupnya jendela transfer pemain musim panas yang cukup panas di Eropa, ternyata bukan cuma pemain seperti Lewandowski yang pindah ke Barcelona atau Aubameyang yang berseragam London Biru yang di tunggu-tunggu.

Read Story

Melirik Statistik Skuat Timnas di Kualifikasi AFC Cup

23 nama pemain Timnas Indonesia yang akan berlaga di Kualifikasi AFC sudah diumumkan, bagaimana catatan statistik mereka di klub masing-masing musim lalu?

Read Story

Peran Statistik dalam Sepak Bola dalam Banyak Hal

Kalau berargumen, sebaiknya dengan data untuk memperkuat argumentasinya. Dalam sepak bola juga demikian. Peran statistik dalam sepak bola secara garis besar adalah menjadi acuan untuk membuat keputusan dan berargumentasi saat rapat.

Read Story

Review BRI Liga 1 Pekan 21: Gol Debut Tiga Pemain Muda

Tiga pemain yang berusia di bawah 23 tahun mampu mencetak gol perdananya di kompetisi Liga 1. Mereka adalah Rio Fahmi (Persija), Taufik Hidayat (Persija), dan Kakang Rudianto (Persib).

Read Story

Review BRI Liga 1 2021 Pekan ke-10: Parade Brace Tiga Pemain

Tiga pemain dengan posisi berbeda mampu mencetak brace pada pekan ke-10 BRI Liga 1 2021. Mereka juga mampu membawa timnya meraih tiga poin.

Read Story

Review BRI Liga 1: Era Para Full-back

Liga 1 2021/22 sudah memasuki pekan pertandingan keempat. Banyak fenomena yang terjadi di kompetisi yang akhirnya hadir setelah hampir satu setengah tahun vakum. Salah satu yang menarik adalah kemunculan para full-back atau bek tepi yang justru berperan signifikan untuk klubnya masing-masing.

Read Story

Review BRI Liga 1 2021 Pekan ke-13: Kemenangan Besar Dua Tim Paling Produktif

Persib dan Persebaya sama-sama mencatatkan kemenangan 4-0 atas lawan masing-masing. Kedua tim merupakan dua tim dengan produktivitas gol teratas di Liga 1. Skema yang diusung kedua pelatih sebenarnya berbeda, tapi terdapat sedikit kesamaan yaitu pemain asing mereka sangat berperan bagi kesuksesan tim pada fase menyerang.

Read Story

Review BRI Liga 1 2021 Pekan 20: Tiga Poin Penting dari Laga Bhayangkara vs Persebaya

Duel sengit antara Bhayangkara dan Persebaya menjadi penutup pekan ke-20 BRI Liga 1 2021. Bhayangkara bangkit pada babak kedua dan Melvin Platje kembali memberikan kontribusi. Sementara itu, Persebaya masih berkutat pada masalah mudah mencetak gol namun mudah kebobolan.

Read Story

Ali Bagus, Pencetak Rekor Quat-trick Liga Lapangbola Season 2

Ali Bagus, Pencetak Rekor Quat-trick Liga Lapangbola Season 2

Read Story

Review BRI Liga 1 Pekan 26: Ciro Alves, “Sang Tulang Punggung” Persikabo 1973

Kekalahan Persikabo 1973 atas Bhayangkara FC merupakan rekor kekalahan terburuk tim pada musim ini. Kali ini Ciro Alves kesusahan untuk menembus gawang penantang gelar Bhayangkara FC. Namun, jika dilihat dari performa tim secara keseluruhan, Persikabo 1973 sangatlah bergantung kepada Ciro Alves. Faktanya, 20 dari 35 gol Persikabo 1973 merupakan kontribusi dari Ciro Alves. Namun, apakah “Sang Tulang Punggung” Ciro Alves mampu terus tampil dan konsisten dalam membawa tim menuju kesuksesan hingga akhir musim?

Read Story

Bermain Hati-hati, Persija vs PSM Harus Diselesaikan via Adu Penalti

Persija sukses menjadi tim pertama yang lolos ke babak final Piala Menpora usai taklukan PSM lewat adu penalti. Bermain dengan cenderung hati-hati, laga antara keduanya sempat kembali berakhir sama kuat 0-0. Di babak adu penalti, kegagalan empat eksekutor terakhir PSM berakhir bagi kelolosan Macan Kemayoran

Read Story

Review BRI Liga 1 Pekan ke-30: Bruno, Teja dan Peluang Juara Persib Bandung

Persib Bandung kini duduk di posisi kedua dan hanya berjarak tiga poin dari pemuncak klasemen Bali United yang juga menang tipis di pekan ini. Di posisi ketiga, Bhayangkara FC harus puas dengan hasil seri. Hasil ini akan mempersulit Bhayangkara FC untuk mengejar Bali United dan Persib Bandung dalam perebutan gelar juara. Meskipun duduk di posisi kedua, Persib Bandung masih lebih diunggulkan untuk meraih gelar juara dibandingkan Bali United. Di atas kertas, Persib Bandung akan menghadapi lawan-lawan yang relatif lebih mudah dari Bali United. Bali United harus berhadapan dengan dua tim dari posisi lima besar, yaitu Arema FC dan Persebaya Surabaya, sedangkan Persib Bandung hanya harus berhadapan Persebaya Surabaya.

Read Story

Hat-trick 3 Pemain di Laga Perdana Liga Lapangbola Season 2

Hat-trick 3 Pemain di Laga Perdana Liga Lapangbola Season 2

Read Story

Determinasi PSIS Singkirkan Arema

Di laga pamungkas Grup A, mereka sukses menang dramatis atas Arema dengan skor 3-2. Di laga ini PSIS menunjukkan determinasi tinggi untuk memenangkan pertandingan meski sempat tertinggal.

Read Story

Statistik Pelatih Yang Mengakhiri Kerja Sama Dengan Tim Asuhannya Hingga Pekan Delapan BRI Liga 1 2022/2023

Seperti yang kita semua ketahui, hingga pekan kedelapan BRI Liga 1 2022/2023, sudah ada beberapa pelatih yang harus angkat kaki dari klub yang di latihnya. Tentu saja hal ini terjadi karena faktor peforma klub yang ditangani pelatih tersebut belum mampu memenuhi eksptasi tim yang di asuhnya. Berikut, adalah pelatih yang harus kehilangan tempatnya hingga pekan kedelapan BRI Liga 1 2022/2023.

Read Story

Pelatih Yang Mengakhiri Kerja Sama Dengan Tim Asuhannya Hingga Pekan Delapan BRI Liga 1 2022/2023

Kemenangan dalam sebuah pertandingan adalah hal yang paling diinginkan oleh semua klub sepak bola di seluruh dunia. Tak jarang, banyak klub sepak bola yang rela merogoh kocek dalam-dalam, demi mendapatkan skuad yang mumpuni untuk menghadapi sebuah kompetisi.

Read Story

Review BRI Liga 1 2021 Pekan 23: Brace Dua Pemain Asing Berpengalaman di Liga 1

Francisco Torres dan Yevgen Bokhasvili sama-sama sukses mencetak brace. Nama Torres dan Yevgen bukan nama asing di Liga 1. Mereka pertama kali menjajal Liga 1 pada musim 2019 dan sukses mencapai dua digit pada statistik jumlah gol.

Read Story

Persija Kejutkan Persib di Final Pertama

Persija berhasil unggul 2-0 di leg pertama Final Piala Menpora. Dua gol cepat dari dua punggawa muda Macan Kemayoran, Braif Fatari dan Taufik Hidayat, memberikan Persija modal berharga jelang leg kedua nanti. Permainan cepat dan efektif Persija di babak pertama gagal direspon oleh Persib.

Read Story

Review Pekan Ketiga BRI Liga 1 2021: Kegagalan Persela, Borneo, dan Persib Melawan Tim 10 Pemain

Minim solusi menghadapi pertahanan rapat 10 pemain lawan menjadi penyebab gagalnya Persela, Borneo, dan Persib memetik poin penuh.

Read Story

Dua Gol Cepat Persib Hentikan Laju Persebaya

Persib, yang sudah unggul 3-0 di paruh pertama nyatanya masih kerepotan melawan 10 orang pemain Persebaya, yang bisa memperkecil kedudukan hingga 3-2 di babak kedua

Read Story

Bali United Manfaatkan Celah di Pertahanan Persiraja

Serdadu Tridatu sukses raih tiga angka lewat kemenangan 2-0. Gol spektakuler Ilija Spasojevic dan sontekan Rizky Pellu mewarnai kemenangan Bali.

Read Story

Meski Tidak Efektif, PS Sleman Singkirkan Bali United via Adu Penalti

Komposisi semifinalis Piala Menpora 2021 sudah lengkap. PS Sleman menjadi tim terakhir yang lolos ke tahapan tersebut usai menaklukan Bali United. Sempat bermain imbang 0-0 selama 90 menit, Super Elja sukses melaju usai memenangi duel adu penalti dengan skor 4-2. Gagalnya penalti Willian Pacheco usai ditahan oleh Ega Rizky menjadi penentu kelolosan PSS.

Read Story

Ketergantungan PSS Sleman Terhadap Irfan Jaya

PSS memang sedang berada dalam situasi yang sulit. Situasi internal klub yang tidak kondusif sampai penampilan tim yang tidak konsisten membuat mereka masih belum juga bisa beranjak ke posisi yang lebih baik di papan klasemen Liga 1 2021/22.

Read Story

Review BRI Liga 1 2021 Pekan ke-17: Tiga Poin Penting Dari Dua Tim di Zona Degradasi

Dua tim yang berada di zona degradasi, Barito Putera dan Persipura mampu meraih tiga poin dalam laga penutup seri ketiga.

Read Story

Adakah Hubungan Operan dan Penguasaan Bola Dengan Performa di Klasemen Liga 1?

Meski belum genap dua bulan Liga 1 BRI berjalan, data statistik dari performa setiap klub yang berkompetisi dapat memberikan banyak insight tentang bagaimana setiap klub mengawali musim 2021/2022 ini, dan alasan mengapa mereka menempati posisi ranking mereka saat ini. Artikel ini akan mengupas performa klub Liga 1 BRI dari aspek passing dan penguasaan bola (ball possession).

Read Story

Game Week (GW) 5 Liga Lapangbola Season 2: Erga Omnes Masih Unstoppable!

Game Week (GW) 5 Liga Lapangbola Season 2: Erga Omnes Masih Unstoppable!

Read Story

Review Pekan Ke-8 BRI Liga 1 2021: Tiga Tim Raih Kemenangan Meski Tertinggal Lebih Dahulu

Persik, Persib, dan Borneo mampu melakukan comeback dan akhirnya keluar sebagai pemenang. Masing-masing tim memanfaatkan situasi yang berbeda sehingga akhirnya berhasil membalikkan keadaan.

Read Story

Permainan Defensif PSM Tahan Persija

Duel panas langsung tersaji di laga semifinal pertama Piala Menpora. Adu tanding antara dua rival bebuyutan, PSM Makassar dan Persija Jakarta, menghasilkan 40 pelanggaran, 12 kartu kuning, dan 1 kartu merah. Di laga ini, PSM dengan permainan defensifnya berhasil menahan Persija tanpa gol.

Read Story

Review Pekan Kelima BRI Liga 1 2021: Penurunan Signifikan Jumlah Gol

Jadwal padat menjadi salah satu penyebab berkurangnya jumlah gol pada peka kelima.

Read Story

Review BRI Liga 1 Pekan ke-14: Hattrick Pertama Atas Nama Ciro Alves

Hattrick pertama di BRI Liga 1 2021 tercatat atas nama Ciro Alves. Pada laga menghadapi Persela, Ciro sukses mengeksploitasi ruang di belakang lini pertahanan Persela yang membuat ia bisa mencetak tiga gol.

Read Story

Jeli Memanfaatkan Celah, PSS Ungguli PSM

Perebutan tempat ketiga menghadirkan duel dua tim kuda hitam antara PSM Makassar kontra PS Sleman. Diwarnai saling berbalas angka, PSS mampu keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 2-1.

Read Story

Persib Bandung dan Bali United Laga Berimbang yang Minim Solusi

Laga antara dua tim bertabur bintang tersaji di Stadion Maguwoharjo antara Persib Bandung melawan Bali United. Meski diperkuat nyaris semua pemain bintangnya, kedua tim harus berbagi angka setelah pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

Read Story

Review Pekan Pembuka BRI Liga 1 2021: Dominasi Pemain Asing

Jika melihat catatan gol, tembakan tepat sasaran, dan asis dari pekan pembuka Liga 1 2021, pemain asing dan naturalisasi tampak akan menjadi kunci bagi setiap tim. Fenomena ini tidak aneh jika kita melihat daftar pencetak gol terbanyak sejak 2017 yang selalu diisi oleh pemain asing.

Read Story

Ubah Formasi, Madura Sukses Raih Kemenangan Dramatis

Madura United sukses mengawali kiprahnya di Piala Menpora 2021 dengan kemenangan dramatis 2-1 atas PS Sleman

Read Story

Review Pekan Keenam BRI Liga 1 2021: Ketika Para Striker Unjuk Gigi

Sejumlah striker mampu menuntaskan tugasnya dengan baik. Beberapa mampu mencetak gol perdana musim ini, beberapa lainnya sukses memperpanjang catatan impresif.

Read Story

Persija Menangi Laga Keras Kontra Bhayangkara Solo FC

Sempat tertinggal lewat gol Ezechiel N'Douassel di babak pertama, Persija berbalik unggul di paruh kedua lewat gol dari Osvaldo Haay dan Marc Klok.

Read Story

Review BRI Liga 1 2021 Pekan 18: Debut Gol Enam Punggawa Anyar

Jendela transfer dibuka, sejumlah tim Liga 1 melakukan bongkar pasang pemain sebagai bentuk evaluasi. Sejumlah pemain baru berhasil mencatatkan debut manis dengan mencetak gol bagi klub baru mereka.

Read Story

Permainan Spartan PSM Sukses Tundukkan Persija

PSM yang diperkuat pemain muda dan lokal secara mengejutkan sukses menaklukkan Persija dengan skor 2-0. Dua gol dari Patrich Wanggai dan Yakob Sayuri di masing-masing babak sukses membungkam anak-anak Macan Kemayoran. Permainan cepat dan keras dari PSM terbukti mampu memberikan keunggulan. Sebaliknya, Persija gagal merespon permainan tersebut.

Read Story

Liga Lapangbola (GW 2) : Posisi Galados ITB Masih Terlalu Kokoh untuk Digeser

Posisi Galados ITB di klasemen Liga Lapangbola semakin kokoh setelah menumbangkan JCICB dengan skor sangat meyakinkan 1-5

Read Story

Persebaya Bendung Dominasi Madura

Bajul Ijo sukses mengatasi Madura United dengan skor 2-1. Meski lawan mendominasi nyaris di sepanjang laga, Persebaya sukses curi dua gol kemenangan lewat Ady Setiawan dan Rendi Irwan.

Read Story

Review BRI Liga 1 2021 Pekan ke-15: Parade Nirbobol

Delapan tim mencatatkan nirbobol, enam di antaranya berhasil meraih tiga poin.

Read Story

Persija Tidak Kesulitan Kalahkan 10 Pemain Persib

Pertandingan final leg kedua Piala Menpora berakhir manis bagi Persija Jakarta. Dua gol dari Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak berhasil mengunci kemenangan Macan Kemayoran atas Persib Bandung. Keunggulan agregat 4-1 membawa Persija menjuarai gelaran Piala Menpora edisi tahun ini.

Read Story

Review Pekan Kedua BRI Liga 1 2021: Penguasaan Bola Tidak Menjanjikan Kemenangan

Lima tim dengan penguasaan bola lebih besar dari lawannya mengalami kekalahan, tiga lainnya bermain imbang.

Read Story

Review Pekan Ketujuh BRI Liga 1 2021: Pembuktian Tim yang Sempat Mengecewakan Suporter

Persib, PS Sleman, Persebaya, dan Arema sempat mengecewakan suporter karena hasil kurang memuaskan di seri pertama. Keempat tim tersebut mampu meraih kemenangan pada laga perdana di seri kedua.

Read Story

Kerja Keras Lini Tengah Persita Imbangi Bali United

Usai kalah dua kali beruntun dari Persiraja dan Persib, Persita sukses menahan imbang Bali United dengan skor 1-1. Meski sempat kesulitan meladeni kualitas individual lawan, Persita berhasil mencuri angka usai menyamakan skor di babak kedua

Read Story

Review BRI Liga 1 2021 Pekan ke-16: Pemain Asing, Kunci Kemenangan Dua Raksasa Jawa Timur

Pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2021, Persebaya dan Arema mampu meraih kemenangan penting. Pemain asing menjadi kunci kemenangan dan meningkatnya performa Bajul Ijo dan Singo Edan.

Read Story

PSIS Semarang 3-3 Barito Putera: Pertandingan dengan Dua Wajah

Hujan gol mewarnai pertandingan kedua Piala Menpora 2021. PSIS Semarang dan Barito Putera berbagi poin dengan skor 3-3. Sempat unggul 3-0 di babak pertama, PSIS gagal mempertahankan keunggulan lantaran Barito sukses mencetak tiga gol di paruh kedua untuk menyamakan kedudukan. Jalannya pertandingan seolah-olah menunjukkan ‘dua wajah’ pertarungan: satu untuk PSIS dan satu untuk Barito.

Read Story

Review Pekan ke-12 BRI Liga 1 2021: Kekalahan Dua Pelatih Pendatang Baru

Seri ketiga dimulai dengan bergulirnya pekan ke-12 BRI Liga 1 2021. Pekan ini juga menjadi laga debut bagi dua pelatih baru yaitu Javier Roca (Persik) dan Fabio Lefundes (Madura). Meski begitu, mereka berdua sama-sama mengalami kekalahan meski secara statistik, timnya unggul dari masing-masing lawan.

Read Story

Kedisiplinan Blok Rendah PSIS Sukses Jinakkan Persikabo

Setelah terpeleset di laga sebelumnya, kali ini PSIS tidak mengulangi kesalahan yang sama. Keunggulan atas Persikabo sukses mereka pertahankan hingga menit akhir. Gol-gol dari Farrel Arya, Fandi Eko, dan Pratama Arhan berhasil amankan tiga poin perdana bagi pasukan muda Mahesa Jenar.

Read Story

Permainan Rapat Persik Sukses Atasi Madura United

Gol penalti Andri Ibo dan tendangan melengkung Antoni Putro Nugroho berhasil amankan tiga poin perdana bagi Macan Putih.

Read Story

Review BRI Liga 1 2021 Pekan 11 : Kartu Merah Yang Menyulitkan Tim

Pekan ke-11 BRI Liga 1 2021 rampung digelar seiring dengan berakhirnya pula seri kedua yang berlangsung di Jawa Tengah dan DIY. Setelah mengarungi jadwal padat, lima pertandingan dalam periode 15 Oktober hingga 5 November, tim Liga 1 diberi waktu istirahat terlebih dahulu sebelum seri ketiga dimulai. Tidak ada perubahan tempat, namun jadwal padat kembali menjadi tantangan, delapan laga harus dijalani pada rentang waktu 18 November hingga 24 Desember.

Read Story

Manfaatkan Umpan Panjang dan Bola Mati, Persija Cukur Borneo FC

Gelandang naturalisasi, Marc Klok, menjadi bintang di laga ini dengan dua assist dari skema sepak pojok bagi Yann dan Marco Motta. Skema tersebut memang menjadi salah satu kunci Persija di laga kali ini dalam menciptakan peluang.

Read Story

Liga Lapangbola : Unggul Tipis, Erga Omnes Berhasil Mengkudeta Posisi Puncak Galados ITB

Liga Lapangbola : Unggul Tipis, Erga Omnes Berhasil Mengkudeta Posisi Puncak Galados ITB

Read Story

PS Sleman Kehabisan Waktu untuk Menembus Pertahanan Persib

Finalis kedua Piala Menpora 2021 sudah diketahui. Adalah Persib Bandung yang akan menantang Persija Jakarta di partai puncak nanti. Kelolosan Persib ke babak final diraih dengan dramatis usai Ezra Walian menyamakan skor di penghujung laga. Maung Bandung lolos dengan unggul agregat 3-2

Read Story

Persib Curi Kemenangan di bawah Tekanan PSS

Laga semifinal kedua di Piala Menpora menghadirkan duel sengit antara Persib Bandung kontra PS Sleman. Sempat unggul terlebih dahulu dan menciptakan peluang lebih banyak, PSS justru harus mengakui keunggulan lawannya tersebut. Maung Bandung berhasil bangkit dari ketertinggalan lewat gol balasan Victor Igbonefo dan Frets Butuan di akhir laga. Bagaimana Persib bisa bangkit? Simak ulasan berikut.

Read Story

Lapangbola Menjadi Satu-Satunya Start-Up di Indonesia yang Masuk Finalis World Football Summit Asia 2019

Lapangbola Menjadi Satu-Satunya Start-Up di Indonesia yang Masuk Finalis World Football Summit

Read Story

PSS Atasi Persebaya di Laga yang Ketat

PSS berhasil mencuri tiga angka lewat gol tunggal yang dilesakkan Irfan Bachdim dari titik penalti. Dengan kemenangan ini PSS sukses melangkahi Persebaya dan finis sebagai juara Grup C

Read Story

Review BRI Liga 1 Pekan 24: Gelar Juara Masih Terbuka Lebar

Posisi Arema FC di puncak klasemen masih belum aman meski mereka sukses memperpanjang rekor tidak terkalahkan pada 21 pertandingan. Hasil dari pertandingan Arema FC dan Bhayangkara FC membuat pertarungan untuk gelar BRI Liga 1 2021/22 semakin ketat dan memanas. Peluang gelar juara masih terbuka lebar untuk lima tim teratas: Arema FC, Bhayangkara FC, Bali United FC, Persib Bandung, dan Persebaya Surabaya. Konsistensi performa tim dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan yang harus dibuktikan dalam perebutan gelar musim ini.

Read Story

Review BRI Liga 1 2021 Pekan 9: Set Piece dan Memanfaatkan Kesalahan Lawan Jadi Kunci Kemenangan Empat Tim

Pada pertandingan yang berlangsung sengit, hal-hal seperti set piece dan memanfaatkan kesalahan lawan bisa menjadi senjata untuk memenangkan pertandingan. Persela, Persebaya, Persib, dan Barito Putera sukses memanfaatkan hal tersebut.

Read Story

Faktor Riko Sukses Membawa Persija ke Semifinal

Sempat tertahan di babak pertama, Persija tampil lebih enerjik di babak kedua setelah masuknya Riko Simanjuntak. Berikut ulasan lengkapnya.

Read Story

Lapangbola adalah Platform Statistik Sepak Bola di Indonesia, Begini Cara Membuat Akun Lapangbola (Part 1)

Platform statistik yang disediakan bersifat terbuka sehingga dapat digunakan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun mulai dari sepak bola usia dini, fun football, amatir, hingga professional.

Read Story

Gagal Bongkar Pertahanan Lawan, Adu Penalti Harus Jadi Jawaban

Laga pertama perempat final Piala Menpora 2021 menghadirkan dua tim kejutan, PSIS Semarang dan PSM Makassar. Bermaterikan seratus persen pemain lokal, kedua tim tersebut mampu melenggang hingga babak perempat final dan saling berhadapan di Kanjuruhan (9/4).

Read Story

Lima Pemain Andalan Shin Tae-yong di SEA Games

Melihat kembali perjuangan Garuda Muda di pentas Sea Games, terdapat lima pemain andalan Shin Tae-yong yang dilihat dari jumlah menit bermain terbanyak.

Read Story

PS Sleman Sukses Atasi Permainan Konstruktif Persik Kediri

Menghadapi Persik Kediri, gol tunggal yang dicetak Nico Velez di awal laga sukses dipertahankan Super Elja hingga akhir pertandingan.

Read Story

Review BRI Liga 1 2021 Pekan 19: Tiga Poin dari Tiga Kandidat Kuat Juara

Arema, Bhayangkara, dan Persebaya sebagai tiga kandidat kuat juara musim ini meraih poin maksimal pada pekan ke-19.

Read Story

Review Lapangbola Pekan 22: Hujan Umpan Silang Bhayangkara dan Herman Dzumafo

Sebelum Dzumafo masuk, Bhayangkara mencatatkan 25 umpan silang namun hanya delapan yang menemui sasaran, meski tetap tidak menghasilkan gol. Setelah Dzumafo masuk, ia mampu membuat skema umpan silang bertubi-tubi dari Bhayangkara akhirnya berbuah gol.

Read Story

Review BRI Liga 1 Pekan ke-25: Performa Mengecewakan Bruno Cantanhede

Performa Bruno Cantanhede cukup menjadi perhatian pada BRI Liga 1 pekan ke-25 kemarin. Beberapa statistik Bruno bahkan menjadi catatan terburuk pada laga tersebut.

Read Story

Lapangbola Startup Binaan Indigo Creatvie Nation Telkom Batch 1 2019

Lapangbola Menjadi Salah Satu Peserta Indigo Telkom Batch 1

Read Story

Stay right up to date

Get great content to your inbox every week. No spam.
Only great content, we don’t share your email with third parties.
Icon