Lapangbola — Football is Lifestyle.
Design
28 Mar 2021

Manfaatkan Umpan Panjang dan Bola Mati, Persija Cukur Borneo FC

Joshua Lapinsky profile image
Admin

Persija sukses bangkit dari kekalahan di laga pertama. Tak tanggung-tanggung, Macan Kemayoran sukses mencukur lawannya tersebut dengan skor telak, 4-0. Gelandang naturalisasi, Marc Klok, menjadi bintang di laga ini dengan dua assist dari skema sepak pojok bagi Yann dan Marco Motta. Skema tersebut memang menjadi salah satu kunci Persija di laga kali ini dalam menciptakan peluang.

Susunan pemain

Borneo arahan Mario Gomez menurunkan pakem andalannya, yaitu 4-4-2. Meski demikian, mengingat kuatnya lini tengah lawan, Gomez sedikit menurunkan salah satu strikernya menjadi seorang pemain No. 10 sehingga formasi Borneo terlihat seperti 4-2-3-1. Duet Terens Puhiri dan Sihran Amarullah menjadi ancaman di kedua sisi sayap, ditopang Sutan Samma dan Komang Teguh di lini tengah.

            Sementara itu, Persija masih menurunkan kekuatan terbaiknya. Pelatih kepala Sudirman hanya melakukan satu perubahan dari susunan 4-2-3-1 ketika kalah dari PSM. Pemain muda Nico Alfriyanto bermain sejak menit pertama di posisi sayap kanan. Sementara Riko Simanjuntak yang biasa bermain di posisi tersebut memulai laga dari bangku cadangan.

Susunan pemain kedua tim

Masalah kedua tim di babak pertama

Tumbukan formasi kedua tim menjadi masalah utama bagi kedua kesebelasan di babak pertama. Baik Persija maupun Borneo relatif kesulitan membongkar pertahanan lawan.

Persija melakukan bangun serangan secara konstruktif dari bawah. Kiper dan kedua bek tengah menjadi lini awal. Ditambah dengan Klok yang bermain dari posisi No. 6. Meski demikian, tidak ada pemain lain yang menjadi koneksi untuk bermain secara konstruktif. Bek sayap, gelandang tengah, dan trio pemain depan berada di area lawan. Alhasil Persija lebih banyak memainkan umpan jauh ke lini depan.

Problem yang sedikit berbeda dialami oleh Borneo. Secara struktur, mereka terlihat lebih antisipatif dan variatif dalam melakukan progresi melawan lini pressing Persija. Misalnya, salah satu gelandang akan turun ke lini belakang dan memungkinkan dua bek sayap bermain lebih melebar untuk memperluas area permainan. Kedua bek sayap bisa mengisi ruang yang tinggi di sisi sayap dan menekan garis pertahanan Persija. Gelandang sayap dan pemain depan kemudian mengisi ruang antar lini atau memberikan koneksi di lini tengah.

Ide ini sebetulnya memiliki potensi yang menjanjikan. Beberapa kali pemain Borneo berdiri bebas di ruang antar lini. Marc Klok, gelandang bertahan Persija harus bekerja ekstra karena banyaknya pemain lawan di area tersebut.

Salah satu celah Borneo di babak pertama yang kurang dimaksimalkan

Hanya saja, eksekusi Borneo dalam memanfaatkan celah tersebut masih kurang optimal. Beberapa kali mereka justru tidak mengakses pemain yang bebas di area tersebut. Terkadang eksekusi yang terlambat juga membuat pemain belakang Persija bisa mengantisipasi serangan Borneo.

Umpan panjang dan bola mati

Bangun serangan Persija yang mengandalkan bola panjang memang cukup terlihat. Secara statistik, akurasi operan mereka hanya sebesar 63%. Begitu juga dengan penguasaan bola yang hanya 40%. Persija terlihat memang tidak banyak memainkan bola secara konstruktif.  Meski demikian, skema tersebut tampaknya sudah disiapkan oleh Persija. Terlihat dari struktur serangan yang menempatkan banyak pemain di area depan untuk memenangkan bola kedua.

Permainan direct Persija juga terlihat secara statistik. Pemain-pemain Macan Kemayoran tercatat memenangi 5 dari 9 duel udara yang dilakukan. Begitu juga dengan rataan umpan silang dengan 4 percobaan sukses dari 8 kiriman bola ke kotak penalti lawan.

Pemain berpostur tinggi seperti Simic memang banyak diandalkan. Tetapi kesalahan antisipasi pemain Borneo juga berperan. Seperti momen gol kedua Persija yang dicetak Osvaldo Haay, di mana pemain belakang Borneo gagal mengantisipasi umpan panjang dari Andritany.

Bola mati juga menjadi kunci Persija mengoptimalkan pemain jangkungnya. Marco Motta dan Yann Motta masing-masing mencetak gol perdananya bagi Persija memanfaatkan umpan ciamik Marc Klok. Selain faktor pemain, set-up sepak pojok Persija yang menumpuk pemain di area gawang turut berperan mengganggu lini pertahanan lawan dan menghasilkan angka bagi Persija.

Setelah unggul, Persija lebih nyaman memainkan bola. Borneo yang bermain lebih terbuka guna mencari gol, justru meninggalkan lubang di areanya. Hal ini dimanfaatkan Persija dengan beberapa kali mencari kombinasi di ruang antar lini Borneo dan bisa menciptakan beberapa peluang berbahaya.

Pasca unggul, lini tengah Borneo tidak sekuat di babak pertama dengan banyaknya celah yang bisa dimanfaatkan Persija

Kesimpulan

Persija sukses meraih kemenangan perdananya secara gemilang. Tanpa permainan yang 'cantik', Persija mampu memanfaatkan kelebihan pemainnya dan mengeksploitasi kelemahan lawan. Tiga poin ini sekaligus membuka harapan lolos ke babak berikutnya.

Share this article:

Comments

  • Daniel Smith
    Daniel Smith
    14 minutes ago

    Dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Phasellus feugiat elit vitae enim lacinia semper. Cras nulla lectus, porttitor vitae urna iaculis, Melisandre tincidunt lectus. Brienne nec tellus sit amet massa auctor imperdiet imp vitae diam.

    Reply
    • Richard Kingston
      Robert Kingston
      2 minutes ago

      Elit vitae enim lacinia semper. Cras nulla lectus, porttitor vitae urna iaculis, Melisandre tincidunt lectus. Brienne nec tellus sit amet massa auctor imperdiet imp vitae diam.

      Reply
      • Helena R
        Helena R
        Just now

        Praesent urna velit, auctor nec turpis et, vehicula lobortis sem. Vivamus convallis mi sagittis eleifend laoreet. Praesent vitae venenatis enim. Nulla tincidunt Varys et lectus rhoncus laoreet.

        Reply
  • Abigail T
    Abigail T
    3 hours ago

    Vivamus convallis mi sagittis eleifend laoreet. Praesent vitae venenatis enim. Nulla tincidunt Varys et lectus rhoncus laoreet. Aenean Gendry est nec diam suscipit iaculis.

    Reply

Leave a reply

Artikel lain

Hat-trick 3 Pemain di Laga Perdana Liga Lapangbola Season 2

Hat-trick 3 Pemain di Laga Perdana Liga Lapangbola Season 2

Read Story

PSS Atasi Persebaya di Laga yang Ketat

PSS berhasil mencuri tiga angka lewat gol tunggal yang dilesakkan Irfan Bachdim dari titik penalti. Dengan kemenangan ini PSS sukses melangkahi Persebaya dan finis sebagai juara Grup C

Read Story

Gagal Bongkar Pertahanan Lawan, Adu Penalti Harus Jadi Jawaban

Laga pertama perempat final Piala Menpora 2021 menghadirkan dua tim kejutan, PSIS Semarang dan PSM Makassar. Bermaterikan seratus persen pemain lokal, kedua tim tersebut mampu melenggang hingga babak perempat final dan saling berhadapan di Kanjuruhan (9/4).

Read Story

Meski Tidak Efektif, PS Sleman Singkirkan Bali United via Adu Penalti

Komposisi semifinalis Piala Menpora 2021 sudah lengkap. PS Sleman menjadi tim terakhir yang lolos ke tahapan tersebut usai menaklukan Bali United. Sempat bermain imbang 0-0 selama 90 menit, Super Elja sukses melaju usai memenangi duel adu penalti dengan skor 4-2. Gagalnya penalti Willian Pacheco usai ditahan oleh Ega Rizky menjadi penentu kelolosan PSS.

Read Story

Liga Lapangbola : Unggul Tipis, Erga Omnes Berhasil Mengkudeta Posisi Puncak Galados ITB

Liga Lapangbola : Unggul Tipis, Erga Omnes Berhasil Mengkudeta Posisi Puncak Galados ITB

Read Story

Lapangbola Startup Binaan Indigo Creatvie Nation Telkom Batch 1 2019

Lapangbola Menjadi Salah Satu Peserta Indigo Telkom Batch 1

Read Story

Game Week (GW) 5 Liga Lapangbola Season 2: Erga Omnes Masih Unstoppable!

Game Week (GW) 5 Liga Lapangbola Season 2: Erga Omnes Masih Unstoppable!

Read Story

Faktor Riko Sukses Membawa Persija ke Semifinal

Sempat tertahan di babak pertama, Persija tampil lebih enerjik di babak kedua setelah masuknya Riko Simanjuntak. Berikut ulasan lengkapnya.

Read Story

Liga Lapangbola (GW 2) : Posisi Galados ITB Masih Terlalu Kokoh untuk Digeser

Posisi Galados ITB di klasemen Liga Lapangbola semakin kokoh setelah menumbangkan JCICB dengan skor sangat meyakinkan 1-5

Read Story

Lapangbola Menjadi Satu-Satunya Start-Up di Indonesia yang Masuk Finalis World Football Summit Asia 2019

Lapangbola Menjadi Satu-Satunya Start-Up di Indonesia yang Masuk Finalis World Football Summit

Read Story

Ali Bagus, Pencetak Rekor Quat-trick Liga Lapangbola Season 2

Ali Bagus, Pencetak Rekor Quat-trick Liga Lapangbola Season 2

Read Story

Lapangbola adalah Platform Statistik Sepak Bola di Indonesia, Begini Cara Membuat Akun Lapangbola (Part 1)

Platform statistik yang disediakan bersifat terbuka sehingga dapat digunakan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun mulai dari sepak bola usia dini, fun football, amatir, hingga professional.

Read Story

PSIS Semarang 3-3 Barito Putera: Pertandingan dengan Dua Wajah

Hujan gol mewarnai pertandingan kedua Piala Menpora 2021. PSIS Semarang dan Barito Putera berbagi poin dengan skor 3-3. Sempat unggul 3-0 di babak pertama, PSIS gagal mempertahankan keunggulan lantaran Barito sukses mencetak tiga gol di paruh kedua untuk menyamakan kedudukan. Jalannya pertandingan seolah-olah menunjukkan ‘dua wajah’ pertarungan: satu untuk PSIS dan satu untuk Barito.

Read Story

Bali United Manfaatkan Celah di Pertahanan Persiraja

Serdadu Tridatu sukses raih tiga angka lewat kemenangan 2-0. Gol spektakuler Ilija Spasojevic dan sontekan Rizky Pellu mewarnai kemenangan Bali.

Read Story

Determinasi PSIS Singkirkan Arema

Di laga pamungkas Grup A, mereka sukses menang dramatis atas Arema dengan skor 3-2. Di laga ini PSIS menunjukkan determinasi tinggi untuk memenangkan pertandingan meski sempat tertinggal.

Read Story

Permainan Rapat Persik Sukses Atasi Madura United

Gol penalti Andri Ibo dan tendangan melengkung Antoni Putro Nugroho berhasil amankan tiga poin perdana bagi Macan Putih.

Read Story

Kerja Keras Lini Tengah Persita Imbangi Bali United

Usai kalah dua kali beruntun dari Persiraja dan Persib, Persita sukses menahan imbang Bali United dengan skor 1-1. Meski sempat kesulitan meladeni kualitas individual lawan, Persita berhasil mencuri angka usai menyamakan skor di babak kedua

Read Story

PS Sleman Sukses Atasi Permainan Konstruktif Persik Kediri

Menghadapi Persik Kediri, gol tunggal yang dicetak Nico Velez di awal laga sukses dipertahankan Super Elja hingga akhir pertandingan.

Read Story

Persija Menangi Laga Keras Kontra Bhayangkara Solo FC

Sempat tertinggal lewat gol Ezechiel N'Douassel di babak pertama, Persija berbalik unggul di paruh kedua lewat gol dari Osvaldo Haay dan Marc Klok.

Read Story

Persebaya Bendung Dominasi Madura

Bajul Ijo sukses mengatasi Madura United dengan skor 2-1. Meski lawan mendominasi nyaris di sepanjang laga, Persebaya sukses curi dua gol kemenangan lewat Ady Setiawan dan Rendi Irwan.

Read Story

Kedisiplinan Blok Rendah PSIS Sukses Jinakkan Persikabo

Setelah terpeleset di laga sebelumnya, kali ini PSIS tidak mengulangi kesalahan yang sama. Keunggulan atas Persikabo sukses mereka pertahankan hingga menit akhir. Gol-gol dari Farrel Arya, Fandi Eko, dan Pratama Arhan berhasil amankan tiga poin perdana bagi pasukan muda Mahesa Jenar.

Read Story

Persib Bandung dan Bali United Laga Berimbang yang Minim Solusi

Laga antara dua tim bertabur bintang tersaji di Stadion Maguwoharjo antara Persib Bandung melawan Bali United. Meski diperkuat nyaris semua pemain bintangnya, kedua tim harus berbagi angka setelah pertandingan berakhir dengan skor 1-1.

Read Story

Ubah Formasi, Madura Sukses Raih Kemenangan Dramatis

Madura United sukses mengawali kiprahnya di Piala Menpora 2021 dengan kemenangan dramatis 2-1 atas PS Sleman

Read Story

Permainan Spartan PSM Sukses Tundukkan Persija

PSM yang diperkuat pemain muda dan lokal secara mengejutkan sukses menaklukkan Persija dengan skor 2-0. Dua gol dari Patrich Wanggai dan Yakob Sayuri di masing-masing babak sukses membungkam anak-anak Macan Kemayoran. Permainan cepat dan keras dari PSM terbukti mampu memberikan keunggulan. Sebaliknya, Persija gagal merespon permainan tersebut.

Read Story

Dua Gol Cepat Persib Hentikan Laju Persebaya

Persib, yang sudah unggul 3-0 di paruh pertama nyatanya masih kerepotan melawan 10 orang pemain Persebaya, yang bisa memperkecil kedudukan hingga 3-2 di babak kedua

Read Story

Stay right up to date

Get great content to your inbox every week. No spam.
Only great content, we don’t share your email with third parties.
Icon