bg_image
Posted By

Lapangbola

Gelandang serang adalah posisi yang perannya kebalikan dari gelandang bertahan. Gelandang bertahan lebih fokus untuk membantu pertahanan, sementara itu gelandang serang lebih fokus untuk menyerang bersama pemain depan dan sayap.

Sebenarnya apa itu gelandang serang? Apa saja perannya di tim? Atribut apa saja yang harus dimiliki oleh pemain di posisi ini?

Apa Itu Gelandang Serang?

Gelandang serang adalah posisi di lapangan tengah yang ikut menyerang dan bertahan, tetapi lebih terspesialisasi dalam skillset menyerang seperti menembak, menggiring bola, menggocek lawan, dan melakukan through pass berbahaya.

Kalau gelandang bertahan fokus untuk mengintersep, gelandang serang menjadi back up dan membantu striker saat menyerang.

Peran Gelandang Serang

Berikut ini beberapa peran dari gelandang serang:

a. Membantu Penyerangan

Peran gelandang serang yang paling utama adalah membantu penyerangan yang dilakukan. Pemain di posisi ini bisa membantu penyerangan lewat tembakan jarak jauh/dekat, menjadi tembok untuk wall pass, pengambil sepak pojok, dan memberikan assist kepada rekan setim yang menyerang.

Bisa dibilang, gelandang serang memiliki peran yang bersifat berlawanan dengan gelandang bertahan.

b. Mengarahkan Aliran Bola Lawan

Peran yang satu ini adalah peran bertahan dari gelandang serang. Bersama striker, gelandang serang bisa membantu dalam mengarahkan bola ke sisi kiri, tengah, atau kanan dengan cara memberikan tekanan ke bek lawan atau positioning di zona tertentu.

c. Mencetak Gol dari Jarak Jauh

Karena berada di belakang striker, jarak gelandang serang dengan gawang biasanya sedikit lebih jauh jika dibandingkan dengan striker. Peran gelandang serang disini adalah mencoba untuk mencetak gol dari jarak jauh.

Karena terbiasa menendang dari jarak jauh, gelandang serang biasanya memiliki set piece yang juga sama-sama bagus dengan tendangan jarak jauhnya.

Atribut yang harus Dimiliki oleh Gelandang Serang

a. Visi

Seorang gelandang serang haruslah memiliki visi yang bagus, terutama dalam menyerang.

Dengan visi yang bagus, seorang gelandang serang dapat memberikan assist, tidak mudah kehilangan bola, dan mencetak gol.

Contoh penerapan visi untuk mencetak gol adalah melihat apakah kiper sedang lengah atau tidak dan melakukan tembakan saat kiper sedang mati langkah atau dalam keadaan tidak siap. Penerapan visi yang satu ini mirip dengan striker dalam memanfaatkan visinya.

b. Kualitas Shooting

Kualitas shooting dari gelandang serang juga harus baik karena ia akan sering-sering melakukan middle shooting atau tembakan dari jarak jauh. Kualitas shooting yang dimaksud termasuk shot power dan juga akurasinya, tidak hanya kencang saja.

Dengan tembakan yang berkualitas, gelandang serang akan ditakuti dan bisa mencetak gol dari jarak dekat dan juga jarak jauh.

c. Kekuatan

Gelandang serang biasanya akan berhadapan dengan bek tengah atau gelandang bertahan. Karena itulah, pemain dengan posisi ini harus memiliki kekuatan untuk berhadapan dengan mereka.

Dengan kekuatan tubuh yang baik, gelandang serang tidak akan mudah kalah saat berduel dengan pemain belakang lawan. Selain itu, ia juga bisa mengisi peran sebagai dinding yang tidak bisa digeser, sehingga teman setim ada ruang untuk diberikan operan.

Siap Bermain di Gelandang Serang?

Gelandang serang memiliki peran yang berkebalikan dengan gelandang bertahan. Jika gelandang bertahan harus memiliki skill bertahan yang baik, gelandang serang justru harus memiliki skill menyerang yang bagus.

Pemain dengan posisi ini bisa membantu dalam mencetak gol dan assist, tergantung dari situasinya.