bg_image
Posted By

Lapangbola

Apakah kamu sering bermain di bek tengah atau merupakan bek tengah murni? Bek tengah dalam sepak bola banyak memainkan peranan penting. Bahkan, di era modern ini, bek tengah tidak hanya berfungsi untuk bertahan dan mencegah lawan untuk mencetak gol, tetapi juga ikut terlibat dalam build up dan penguasaan bola.

Apa itu bek tengah dalam sepak bola? Mengapa posisi ini penting? Bagaimana cara bermain di posisi ini dengan benar?

Apa Itu Bek Tengah dalam Sepak Bola?

Bek tengah dalam sepak bola adalah seorang pemain bertahan yang mengisi bagian tengah dalam pertahanan. Biasanya, orang yang bermain di posisi ini merupakan pemain terbaik dalam urusan bertahan dan memiliki fisik, agresivitas, dan kekuatan tubuh yang baik.

Tugas Bek Tengah

Meski bek tengah di era modern lebih fleksibel perannya, beberapa tugas ini biasanya menjadi tugas utama bek tengah

  • Bertahan di kotak penalti dan area sekitarnya
  • Memblokir tendangan/tembakan yang datang
  • Melakukan tekel
  • Membuang bola ke daerah yang aman (clearance)
  • Menjaga pemain depan (striker)
  • Intersep operan lawan
  • Memenangkan duel udara saat melawan pemain lawan

Mengapa Bek Tengah Penting?

Bek tengah penting karena:

a. Menjaga Area Tengah

Menyempit ke tengah adalah prinsip dasar bertahan di sepak bola. Hal ini dikarenakan gawang berada di tengah garis gawang. Karena area tengah cukup berbahaya jika lawan melakukan shooting disana, peran bek tengah untuk menjaga area tengah menjadi vital.

Jika tidak ada bek tengah, tidak ada yang menjaga ruang paling berbahaya.

b. Mengorganisir Pertahanan

Dibandingkan menyerang, bertahan itu lebih kolektif. Satu striker bisa saja solo run dan membobol gawang lawan sendirian, tetapi bek tengah tidak bisa bertahan sendirian. Perlu bantuan bek lainnya agar pertahanan bisa lancar.

Bek tengah yang baik harus bisa mengorganisir pertahanan seperti mengatur bentuk pertahanan, off side, dan menjaga kemiringan/kelebaran pertahanan timnya. Karena itulah, terkadang bek tengah memegang komando lini belakang selain kiper.

c. Orang Terakhir Sebelum Kiper

Dalam pertahanan, bek tengah adalah pintu sebelum menuju kiper. Karena itu, gaya permainannya harus sangat ekstra hati-hati. Jika bola terebut, maka lawan akan tinggal berhadapan dengan kiper.

Meski ada risiko tersebut, kiper paling dekat dari mereka, sehingga kiper punya opsi passing yang lebih dekat untuk build up dibandingkan langsung ke tengah.

Orang terakhir juga memiliki peran untuk menentukan apakah suatu tim akan kebobolan atau tidak.

Tips Bermain sebagai Bek Tengah

Bermain di bek tengah pastinya tidaklah mudah karena harus banyak komunikasi antar lini pertahanan dan lebih kolektif daripada menyeranga, tetapi bukan berarti mustahil untuk bermain bagus sebagai bek tengah.

Berikut tipsnya:

  • Jangan paksa menjadi play maker, yang terpenting adalah operanmu sampai kepada teman. Short passing yang berkualitas sudah cukup bagus
  • Perhatikan sentuhan pertama dan kualitas passing. Posisimu sebagai bek tengah diharuskan memiliki kesalahan yang paling sedikit
  • Gunakan visi untuk memprediksi kemana lawan akan bergerak selanjutnya dan menjaga ruang yang kosong dan kira-kira akan dimanfaatkan oleh lawan
  • Jaga komunikasi antar lini pertahanan, termasuk sesama bek tengah dan juga bek sayap, serta kiper
  • Jangan melakukan tekel secara sembrono
  • Bermain dengan simpel. Jangan banyak dribble karena jika bola terebut darimu. Lawan langsung berhadapan dengan kiper

Siap Menjadi Bek Tengah Tangguh?

Apakah kamu lebih suka bertahan dibanding menyerang? Jika iya, posisi ini adalah yang paling cocok untukmu.

Siap statistik bertahanmu sebagai bek tengah tangguh tercatat? Yuk klik link ini!